KARTU TENAGA KERJA LUAR NEGERI (KTKLN)

Dengan hati merasa was-was dan jantung berdegub saat saya berangkat ke tempat pembuatan KTKLN di Jl. Jagir Wonokromo Surabaya. Sebelum berangkat semua dokumen dan persyaratan yang diperlukan sudah saya siapkan.

Sampai di kantor tempat pembuatan KTLN jam tangan saya masih menunjukkan pukul 5 pagi, dan alhasil pintu gerbang kantor masih tertutup rapat. Saya memutuskan menunggu jam buka kantor di warung lesehan sebelah pintu gerbang sambil menikmati kopi susu panas.

Alasan saya berangkat sepagi itu karena antrian pengurus KTKLN sangat banyak, harapan saya bisa sepagi mungkin untuk dapat selesai mengurus KTKLN. Ternyata meski saya sudah sepagi itu sampai di kantor ternyata yang mendahului datang di situ sudah ada.

Kurang lebih pukul setengah tujuh pagi, pintu gerbang utama mulai di buka, namun pintu menuju antrian pembuatan KTKLN yang ada di belakang kantor masih di tutup. Dan disitu antrian pun mulai berjubel.

Menyadari pengantri sudah banyak, akhirnya saya memutar otak bagaimana caranya agar saya bisa masuk kebelakang untuk dapat tempat duduk antrian pertama. Akhirnya saya lewat pintu sebelah dengan alas an akan ke kamar kecil.  Dan langsung menuju ke kantin sekalian menunggu di buka pelayanan pembuatan KTKLN pada pukul 08 pagi. Di sela menunggu di kantin saya sarapan dikantin tersebut dengan menu nasi pecel.

Selesai sarapan dan pintu antrian di buka saya pun berebut dengan pencari KTKLN untuk dapat antrian nomer pertama, namun saya dapat nomer antrian 12 di loket 1.

Setelah menunggu lama akhirnya saya dapat giliran maju ke loket 1 untuk mendapatkan formulir pengajuan KTKLN, selanjutnya saya mengisi formulir berdasarkan passport, perjanjian kontrak kerja, asuransi dan document yang lain.

Berikutnya mengantri di loket 2 untuk mengembalikan formulir yang sudah diisi dengan di sertai fotokopi data pendukungnya. Setelah di teliti oleh petugas selanjutnya saya diberikan nomor antrian untuk melakukan pemotretan. Lagi2 menunggu antrian disini kurang lebih sejam dan sangat menjemukan.

Selesai pemotretan kami kembali lagi ke loket 5 yang ada di samping loket 4 untuk menunggu selesainya KTKLN. Disini lagi2 saya dan pencari KTKLN yang lain harus menunggu lama lagi.

Dengan perasaan lega dan senang, nama saya di panggil ke loket 5 untuk mengambil KTKLN yang sudah jadi. Semua selesai sekitar pukul setengah 2 siang. Akhirnya saya bisa tenang untuk kembali ke Negara tempat saya bekerja.

Semua pengurusan KTKLN gratis bagi yang sudah punya asuransi. Bagi yang belum punya asuransi maka di kenakan biaya sekitar Rp. 400.000 untuk membayar asuransi.

Seperti ini penampakan KTKLN saya. By (LA_ch)

 foto

Tinggalkan Balasan

